RSS

Berdirilah, Mulailah Berjalan

...
Entah mana yang lebih baik,
Tenggelam di kolam yang nyaman tapi berbahaya,
Atau berengang ke daratan yang aman tapi kita akan kehilangan kenyamanan itu
...

            “Kenangan kita gak akan pernah bisa aku lupain”. Itu kata mereka yang lebih rela kembali di sakiti demi sebuah kenangan, lebih rela kembali meneteskan air mata demi sebuah perasaan yang seharusnya sudah waktunya untuk di ikhlaskan.
Ikhlas! Seperti ini, kamu rawat kepompong hingga menjadi kupu-kupu, meskipun kamu tau bahwa semua yang bersayap pasti akan selalu terbang menghilang. Jangan di lupakan, kenapa? Agar kita bisa belajar dari masa lalu, setiap orang yang datang di kehidupan kita pasti akan mengajarkan sesuatu, entah itu akan berakhir bahagia atau sakit tapi yang pasti itu adalah pelajaran untuk kita, ikhlaskan apa yang memang sudah seharusnya selesai, tuhan tidak akan mengambil yang baik kecuali untuk menggantinya dengan yang lebih baik, rasa memang datang dan pergi bukan? Rasa bisa datang dan pergi kapanpun yang dia mau. Rasa bukanlah sesuatu yang porsinya harus sama, kadang rasa tak berbanding lurus dengan rasa yang kamu terima, maka ketika rasa untukmu pergi dari hatinya padahal kamu sudah berusaha  sebaik mungkin, berhenti bertanya kenapa itu terjadi, ubah apa yang masih bisa di ubah, lepaskan apa yang memang sudah tidak bisa di ubah. Bumi tidak akan pernah berhenti berputar ketika kamu memilih untuk berhenti melangkah. Jadi, berjalan sajalah dengan atau tanpa seseorang di sisimu, toh jauh sebelum bersamanya kamu juga pernah bahagia, berarti bahagiamu tidak tergantung padanya. hatimu akan sembuh jika kamu sendiri yang mau mengobati, dan untuk mengobati memang di perlukan waktu. Tapi kamu salah jika kamu merasa butuh waktu untuk melupakan, “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnhya” ucap bung karno. Jika karena patah hati kamu berharap lupa lalu bagaimana kamu bisa belajar?.

Memang terkadang kita di takdirkan
Untuk Jatuh cinta kepada orang
Yang tidak seharusnya kita cinta
Atau putus dengan seseorang
Yang seharusnya tidak bisa putus dengan kita
               
Kehidupan selalu memberi pelajaran yang bisa kita ambil, ikhlaskan!, maafkan dirimu sendiri, hapus kesedihan itu, berdirilah mulailah berjalan, kelak kamu akan tiba di satu titik itu, dimana kamu akan berhenti mengasihani dirimu, menemukan kalimat baru, kalimat yang jauh-jauh lebih indah dari semua getir.  Percaya, ini nyata! Mungkin prosesnya akan seperti ini, suatu hari nanti kamu akan jatuh cinta tanpa di buat-buat, tanpa perasaan posesif anak-anak atau rasa ingin pamer yang berlebihan. Akan kamu temui seseorang yang membuat kamu jatuh hati tanpa alasan, yang membuat kamu tak takut pada jutaan omong kosong soal patah hati, yang membuat kamu suka menjadi diri sendiri, tidak dengan ucapan manis atau perilaku yang berpura-pura. Kamu akan jatuh cinta dengan seadanya tapi juga dengan segalanya, kamu akan jatuh cinta dan berani mempertanggung jawabkannya, bukan dengan pujian palsu atau rasa kagum sesaat, tapi dengan tatap mata dan rasa saling percaya. Suatu waktu nanti akan datang seseorang yang membuatmu jatuh cinta tanpa alasan, yang kamu jadikan prioritas. Bukan di banggakan di media sosial tapi di bohongi di kehidupan nyata, suatu saat nanti kamu akan bertemu seseorang yang akan mendengarkan cerita kalian di sisa hidupnya, yang akan membuat kamu paham benar apa itu arti kasih sayang, yang membuat kamu tidak sabar untuk menghabiskan hari tua bersamanya, tanpa ragu, tanpa sempat berfikir untuk berpindah kelain hati, tanpa sempat terbayang oleh kilasan masa lalu. Ada yang bilang cinta itu seperti nunggu bus, yang datang kadang bukan yang selalu kita harapkan, dan pas yang kita harapkan sudah kelihatan dan mau kita kejar ada aja rintangan yang menghalangi setiap saat. Kita suka sama dia, tapi mustahil untuk di dapatkan, akhirnya mau nunggu walaupun harus bertahun-tahun, tapi kalau ada bus yang datang lagi, selanjutnya tentukan, mau naik atau tidak, ya meskipun itu bukan yang kita harapkan, kalau aku? Aku pasti naik dan menjelajah sama bus yang baru.


...
Berhentilah bertahan
Untuk seseuatu yang tak seharusnya di pertahankan.
Mungkin kita akan terluka ketika melepasnya,
Namun ada penyembuh yang pasti akan datang.
...

0 komentar:

Poskan Komentar